Web-Blog Edukasi


Pasca Kata:

Aku hanyalah orang biasa yang mencoba memberi kontribusi untuk orang-orang disekitarku, yang aku kenal maupun tidak, yang aku tidaklah mengharapkan apa-apa kecuali cukuplah keridha'an-Nya. Dialah Allah, Sang sebaik-baik pencipta, yang telah memberi keindahan dalam hidupku untuk berbagi. Betapa indahnya pengajarannya dalam ayat-ayat Kauniah dan Qur'aniyah yang ada didalam dan disekitar hidupku. Alhamdulillah! Ya Allah, izinkan aku untuk selalu tersenyum dalam keharibaan-Mu....

Translator:

If you feel difficult to understand the text above, let's choose the another language!
Good Luck! Hope You will feel so satisfied! Have a nice traveling without moving!

Halaman

KIAT MENJADI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI DI JAWA TIMUR





Menjadi mahasiswa tentu dambaan bagi setiap siswa Sekolah Menengah. Bagi adik-adik yang kebingungan untuk memilih Universitas mana yang ingin adik-adik masuki, khususnya yang berminat kuliah di wilayah Jawa Timur, situs ini mungkin dapat sedikit membantu adik-adik. Dan tentunya, Universitas yang diincar adalah universitas-Universitas yang berlabelkan Negeri, demikian kan?

Untuk menjadi mahasiswa di salah satu perguruan tinggi ternama memang butuh kerja keras dan persiapan yang tidak tanggung-tanggung. Persiapan-persiapan itu meliputi persiapan psikis, persiapan intelektualitas, dan bahkan persiapan finansial yang cukup. Yah, hampir banyak sekali tenaga dan jerih payah harus dikorbankan untuk mendapatkan titel sebagai mahasiswa Universitas ternama. Tapi itu semua setara dengan apa yang akan adik-adik dapatkan nanti.

Dijawa timur, ada 7 universitas negeri yang masuk dalam katagori Universitas pilihan dalam tes SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang dilakukan serentak di seluruh Jawa Timur. Tujuh Universitas itu adalah Universitas Negeri Surabaya, Universitas Erlangga, Universitas Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Negeri Malang, Universitas Jember, dan Universitas Trunojoyo. Yang pasti, ketujuh Universitas terkemuka itu adalah incaran para calon mahasiswa baru, yang berarti untuk dapat menjadi mahasiswa disalah satu universitas itu relatif cukup sulit.

Sebelum tahu lebih jauh mengenai kiat jitu menjadi mahasiswa, adalah penting untuk tahu lebih dulu mengenai SNMPTN yang merupakan salah satu kapal penghubung(emangnya kendaraan? maksudnya prasyarat getu....!) untuk dapat masuk salah satu Universitas Negeri.
SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah tes yang diadakan oleh suatu kepanitiaan yang beranggotakan perwakilan dari beberapa Universitas yang saling bekerja sama untuk penentuan penerimaan Mahasiswa di Beberapa Universitas Negeri dan tes ini berskala nasional. Untuk mengikuti tes SNMPTN, adik-adik dapat memilih 3 jenis tes sesuai jurusan yang ingin adik-adik masuki sewaktu diUniversitas. Tiga jenis tes yang dapat diikuti sewaktu SNMPTN adalah SNMPTN-IPA(untuk jurusan yang berlatar belakang ilmu alam, seperti jurusan kedokteran, Pendidikan Fisika, dsb), SNMPTN-IPS(untuk jurusan yang berlatar belakang ilmu sosial, seperti Manajemen Ekonomi, Sosiologi, dsb), dan SNMPTN-IPC(untuk mahasiswa yang ingin memasuki salah satu jurusan dari latar belakang ilmu alam atau sosial). Tes SNMPTN biasanya berlangsung selama 2 hari.

Bersambung.........

(atau hubungi email: elhobela@yahoo.co.id atau elhobela@gmail.com )

Comments :

0 komentar to “KIAT MENJADI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI DI JAWA TIMUR”

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda!
 

Copyright © 2010 by ELHOBELA Web-Blog Edukasi ELHOBELA Design by Abdus Solihin